Bamz Style

Premium blogger template with seo friendly feature and responsive design

Waspada! Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Dapat Berbahaya

Setiap manusia memiliki Kelenjar Getah Bening atau limfadenopati pada tubuhnya. Kelenjar ini memiliki bentuk struktur jaringan kecil yang tersebar di area leher, ketiak, paha bagian dalam, di antara paru-paru dan di sekitar usus. Kelenjar ini bahkan memiliki fungsi penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Lantas, apa yang terjadi jika kelenjar tersebut mengalami pembengkakan?

Mengenal Pembengkakan Limfadenopati

Kelenjar yang memiliki fungsi untuk menjaga sistem imun ini ternyata merupakan bagian dari sistem limfatik. Pasalnya, sistem tersebut berperan untuk melawan virus, kuman, parasit memicu infeksi, sel kanker dan menghancurkan zat berbahaya. Sayangnya, kondisi kelenjar yang kurang kuat dalam mengatasi kondisi tersebut dapat berbalik arah dan terserang penyakit.

Pasalnya, kelenjar limfadenopati ini dapat mengalami pembengkakan ketika terkena infeksi maupun kanker getah bening. Tentunya, penyakit kanker memiliki dampak negatif yang lebih besar dibandingkan dengan infeksi. Meski demikian, kelenjar getah bening ini dapat menimbulkan gejala lain yang tidak nyaman bagi penderita.

Pembengkakan yang terjadi karena infeksi biasanya dicirikan dengan adanya benjolan tertentu pada bagian tubuh. Anda bahkan bisa mendapati benjolan yang terasa lebih lunak dan terasa nyeri ketika disentuh. Begitu pula, pembengkakan karena kondisi ini biasanya juga disertai dengan gejala demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan hingga tubuh terasa lemah.

Pasalnya, infeksi yang dapat menyebabkan pembengkakan ini terjadi karena penyakit tertentu. Beberapa penyakit tersebut meliputi TB kelenjar, infeksi telinga dan ISPA. Tentunya, pengobatan yang perlu anda lakukan untuk mengatasi pembengkakan ini adalah mengobati jenis penyakit yang sedang diderita.

Meski demikian, pembengkakan kelenjar ini juga tidak bisa disepelekan begitu saja. Pembengkakan ini bahkan dapat terjadi karena penyebaran sel kanker yang terjadi dari organ lain. Hal yang membedakan kondisi pembengkakan karena kanker dan infeksi adalah bentuk benjolan yang terasa lebih keras dan sakit ketika disentuh.

Pembengkakan kelenjar getah bening yang terjadi karena kanker ini juga dapat menimbulkan beberapa gejala lain. Lazimnya, penderita akan merasakan demam, kulit gatal, berkeringat di malam hari, sesak nafas, tubuh terasa lemas hingga penurunan berat badan secara berkelanjutan tanpa alasan yang jelas.


Cara Mencegah Pembengkakan Limfadenopati

Setelah mengetahui pembengkakan yang dapat terjadi pada limfadenopati, anda tentu dapat memahami bahwa masalah tersebut dapat terjadi karena infeksi maupun penyebaran sel kanker. Untuk itu, cara mencegah pembengkakan kelenjar limfadenopati dapat dilakukan dengan cara menjaga kesehatan dengan mengurangi risiko terjangkit flu. 

Pengurangan risiko tersebut dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh dengan mandi setiap hari dan rajin mencuci tangan. Begitu pula, anda juga dapat menjaga jarak dari penderita flu agar tidak mudah terinfeksi virus yang sama. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan melakukan olahraga yang teratur juga wajib untuk dilakukan agar tidak terjangkit penyakit ini.

Selain itu, anda juga harus menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik. Hal ini karena bakteri yang bisa menyebabkan pembusukan gigi sangat rentan menginfeksi limfadenopati. Dalam hal ini, anda dapat menyikat gigi secara teratur, membersihkan gigi dan berkumur dengan larutan antiseptik. Anda bahkan bisa menggunakan aplikasi halodoc untuk melakukan konsultasi terkait hal ini.

Itulah beberapa hal yang harus anda ketahui terkait limfadenopati. Meskipun organ ini memiliki peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh, organ tersebut juga dapat membengkak karena infeksi maupun sel kanker. Untuk itu, anda sebaiknya melakukan pencegahan sejak dini dengan cara menjaga kesehatan, rajin berolahraga, menjaga kebersihan dan melakukan konsultasi dengan dokter.

Description: Waspada! Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Dapat Berbahaya
Rating: 4.5