Bamz Style

Premium blogger template with seo friendly feature and responsive design

Berbagai Macam Produk Bayi Terbaik Setelah Bayi Berusia 6 Bulan

Bayi akan senantiasa mengalami perkembangan dari setiap waktu. Kebutuhan bayi saat berusia kurang dari 6 bulan akan berbeda dengan kebutuhan bayi saat berusia lebih dari 6 bulan. Bayi akan semakin aktif dalam setiap perkembangannya. Mereka akan lebih penasaran untuk mencoba beberapa hal baru.


Selain itu, kemampuan psikomotorik bayi juga mengalami perkembangan. Bayi mulai dapat mengembangkan kemampuan sensori dari benda-benda yang ada di sekitarnya.  Oleh karena itu, sebagai orang tua sudah selayaknya untuk mempersiapkan hal – hal yang bisa mendukung perkembangan bayi setelah berusia 6 bulan.  Berikut ini beberapa produk bayi terbaik yang bisa membantu dan mendukung perkembangan bayi setelah usia 6 bulan.

Salah satu kebutuhan bayi yang akan berubah saat bayi berusia lebih dari 6 bulan adalah pakaian. Bayi akan lebih aktif bergerak. Oleh karena itu, sebaiknya pakaian yang dikenakan oleh bayi sebaiknya adalah pakaian yang nyaman dan tidak membuat bayi merasa panas. Selain itu, bayi juga akan lebih mudah berkeringat karena banyaknya gerak yang dilakukan. Bayi juga akan merasa lebih nyaman jika mengenakan pakaian yang longgar. Oleh karena itu, gunakan pakaian yang sedikit lebih besar dari tubuh bayi.

Salah satu perkembangan bayi yang paling mencolok adalah gigi bayi yang mulai tumbuh. Agar bayi lebih mudah beradaptasi dengan giginya yang baru tumbuh, maka sebaiknya orang tua memberikan stimulan yang bisa membuat bayi nyaman dengan giginya yang baru tumbuh. Salah satunya adalah dengan menggunakan teether. Alat ini bisa membantu bayu untuk latihan menggigit dengan nyaman. Pilihlah teether yang aman jika termakan oleh bayi. Selain itu, pastikan teether bayi harus selalu bersih dan terhindar dari kuman.

Karena bayi sudah mengalami pertumbuhan gigi pada usia 6 bulan, bayi juga akan mulai beradaptasi dengan mengonsumsi makanan padat pendamping ASI atau MPASI. Akan tetapi, pastikan bahwa bayi Anda memang sudah siap untuk mengonsumsi makanan padat. Ibu dapat memberikan MPAS sebanyak 3 – 5 kali sehari. Hal ini bergantung pada kebutuhan bayi. Saat bayi baru akan mengenal MPASI, maka pilihlah makanan yang lebih lunak agar bayi mudah mengonsumsinya.

Ada beberapa bahan makanan yang harus dibuat menjadi MPASI seperti sayuran, daging, dan karbohidrat. Ibu juga bisa membuat makanan selingan MPASI dari buah yang dihaluskan. Ibu juga bisa memberikan MPASI instan yang dapat dibuat dengan mudah. Akan tetapi, pastikan kandungan nutrisi bayi harus terpenuhi.

Salah satu kebutuhan bayi saat menginjak usia MPASI adalah kursi makan atau yang dikenal dengan nama high chair. Bayi yang duduk di kursi makan saat akan mengonsumsi MPASI dapat belajar tentang bagaimana cara duduk dan posisi saat makan dengan benar. Posisi saat makan ini sangatlah penting karena sistem pencernaan bayi akan mulai bekerja dengan lebih maksimal.

Selain itu, bayi yang berusia lebih dari 6 bulan juga akan lebih aktif bermain. Mereka akan lebih senang untuk bermain dengan banyak mainan. Ibu dapat memberi mainan yang dapat menstimulus kemampuan psikomotorik maupun kognitif dari bayi. Bayi akan lebih mudah penasaran dengan benda yang ada di sekitarnya. Sehingga, Ibu dapat memilih beberapa produk mainan yang aman saat terkena mulut bayi. Selain itu, Ibu juga harus memastikan kebersihan dari makanan yang dipegang oleh bayi. Ibu dapat menggunakan zat antiseptik yang aman bagi bayi.

Description: Berbagai Macam Produk Bayi Terbaik Setelah Bayi Berusia 6 Bulan
Rating: 4.5