Bamz Style

Premium blogger template with seo friendly feature and responsive design

9 Hal yang Harus Anda Tulis Dalam Pembukuan Bisnis

Ketika Anda pertama kali memulai bisnis kecil, Anda akan mendengar istilah pembukuan online shop. Bisnis kecil sekalipun itu online shop tetap membutuhkan sebuah pembukuan dan akuntansi. Pembukuan adalah praktik mencatat transaksi bisnis Anda dalam buku besar Anda. Apa saja yang harus Anda tulis dalam sebuah pembukuan?

9 Hal yang Harus Ditulis Dalam Pembukuan Bisnis

Pembukuan adalah proses pencatatan harian dari semua transaksi keuangan perusahaan. Pembukuan mencatat penjualan, pengeluaran, transaksi tunai dan bank dari bisnis dalam buku besar.
Salah satu kebiasaan penting yang harus Anda kembangkan ketika Anda memulai bisnis adalah mencatat transaksi dalam buku besar Anda. Buku besar dan akurasinya adalah pusat keuangan perusahaan Anda.

Mencatat transaksi ini disebut sebagai input. Seorang pembukuan juga dapat membuat faktur dan / atau daftar gaji lengkap. Kompleksitas proses pembukuan tergantung pada ukuran bisnis Anda dan jumlah transaksi yang dilakukan setiap hari, mingguan, dan bulanan.

9 hal di bawah ini harus dicatat oleh semua bisnis online shop untuk memberikan informasi keuangan yang memadai. Apa sajakah itu
1. Uang Tunai
Buku kas sering memiliki dua bagian yaitu Penerimaan Kas dan Pembayaran Tunai, yang juga digunakan untuk menyelesaikan Anggaran Kas.
2. Piutang Usaha
 Jika bisnis online shop Anda mengizinkan akun kredit, maka bisnis memiliki piutang usaha. Informasi ini digunakan untuk menghasilkan faktur dan mengirimkan tagihan kepada pelanggan kredit Anda.
3. Inventaris
Jika Anda menjual produk dan bukan layanan, Anda memiliki inventaris yang harus Anda lacak.
4. Hutang Akun
Jika Anda membeli barang-barang seperti perlengkapan kantor untuk bisnis online shop dan Anda menggunakan kredit, Anda akan memiliki Hutang Akun. Akun ini juga disebut kredit perdagangan dan Anda harus membayar kepada supplier. 

5. Hutang Pinjaman
Jika Anda telah meminjam uang untuk melakukan pembelian yang lebih besar, Anda harus mencatat tanggal jatuh tempo dan pembayaran Anda.
6. Penjualan
Anda harus dapat melacak dan mencatat penjualan Anda, apakah kredit atau uang tunai.
7. Biaya Penggajian
Tulis  berapa biaya yang dikeluarkan untuk membayar karyawan Anda.
8. Pembelian
Maksud dari pembelian ini termasuk barang jadi atau bahan baku yang digunakan dalam Anggaran Tunai dan dalam menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) bisnis pada Laporan Laba Rugi.
9. Draw Pemilik
Draw pembukuan adalah jumlah yang diambil pemilik usaha kecil dari perusahaan.

Metode Pembukuan

Ada dua metode pembukuan yakni entri tunggal dan entri ganda. Sebagian besar bisnis menggunakan sistem pembukuan entri ganda di mana setiap entri ke akun memerlukan entri yang bersesuaian dan berlawanan dengan akun yang berbeda.

Misalnya, penjualan tunai Rp 100.000 akan membutuhkan pengiriman dua entri: entri debit Rp 100.000 ke akun yang disebut "Tunai" dan entri kredit Rp 100.000 ke akun yang disebut "Pendapatan."

Kunci pembukuan yang baik adalah menjadi orang yang teliti untuk akurasi dan kelengkapan. Pembukuan online shop Anda akan semakin bagus dan rapi jika Anda mau mengunduh aplikasi Buku Warung. Aplikasi yang gratis diunduh di smartphone ini akan memudahkan segala pembukuan bisnis online shop Anda yang rumit.

Description: 9 Hal yang Harus Anda Tulis Dalam Pembukuan Bisnis
Rating: 4.5